Membuat User Persona
Anda sedang mengembangkan aplikasi ponsel cerdas atau situs web yang responsif seluler, sangat penting untuk memahami siapa yang akan menggunakan produk. Untuk menyelesaikan masalah pengguna nyata, Anda harus memiliki pernyataan masalah yang jelas dalam pikiran, untuk menulis pernyataan masalah ini, Anda harus terlebih dahulu memahami pengguna dan kebutuhan mereka.
- Siapa pelanggan ideal saya?
- Apa pola perilaku pengguna saya saat ini?
- Apa kebutuhan dan tujuan pengguna saya?
- Apa masalah dan poin kekurangan apa yang mereka hadapi saat ini dalam konteks yang diberikan?
User Persona (Persona Pengguna) membantu dalam menyusun strategi dan membuat keputusan desain yang cerdas. Mereka membuat pengguna nyata berkesan bagi tim produk, membantu memfokuskan upaya dan membangun empati.
Pengertian
User Persona (Persona Pengguna) adalah representasi fiksi dari pelanggan ideal Anda. Sebagai perancang UX, Anda akan memulai proses desain dengan melakukan riset pengguna, membangun empati dengan pengguna target Anda dan mengidentifikasi dengan tepat apa yang mereka butuhkan dari produk yang Anda desain.
Tujuan
Berdasarkan pengertian User Persona (Persona Pengguna), adapun manfaatnya dapat diringkas sebagai berikut:
- Membantu anggota tim membagikan pemahaman spesifik dan konsisten tentang berbagai kelompok audiens. Data tentang kelompok dapat dimasukkan ke dalam konteks yang tepat dan dapat dipahami dan diingat dalam cerita yang koheren.
- Solusi yang diajukan dapat dipandu oleh seberapa baik mereka memenuhi kebutuhan persona pengguna perorangan. Fitur dapat diprioritaskan berdasarkan seberapa baik mereka memenuhi kebutuhan satu atau lebih persona.
- Memberikan “wajah” manusia untuk menciptakan empati bagi orang-orang yang diwakili oleh demografi.