Velocity
1. Penjelasan Velocity
Velocity merupakan bagian dari Rigidbody yang menentukan kecepatan dan arah gerak suatu objek
2. Cara Menentukan Velocity
Velocity bisa ditentukan nilainya dengan cara berikut :
csharp
// mengambil component rigid body dari game object
Rigidbody2D myRigidBody = GetComponent<Rigidbody2D> ();
// mengubah velocity dari rigid body
myRigidBody.velocity = new Vector2 (5, 0);
dengan menerapkan script diatas pada suatu objek maka objek tersebut akan bergerak ke kanan dengan kecepatan 5 meter perdetik
3. Player Control dengan Velocity
Dengan memanfaatkan velocity, kita bisa mengontrol suatu game objek
csharp
public class PlayerMove : MonoBehaviour {
private Rigidbody2D myRigidBody;
public float speed = 10;
void Start () {
// mengambil component rigid body dari game object
myRigidBody = GetComponent<Rigidbody2D> ();
}
void Update () {
// mendapatkan nilai axis
float horizontal = Input.GetAxis ("Horizontal");
float vertical = Input.GetAxis ("Vertical");
// mengubah velocity
myRigidBody.velocity = new Vector2 (horizontal * speed, vertical * speed);
}
}