Skip to content

Velocity

Velocity

1. Penjelasan Velocity

Velocity merupakan bagian dari Rigidbody yang menentukan kecepatan dan arah gerak suatu objek

2. Cara Menentukan Velocity

Velocity bisa ditentukan nilainya dengan cara berikut :

csharp
// mengambil component rigid body dari game object
Rigidbody2D myRigidBody = GetComponent<Rigidbody2D> ();

// mengubah velocity dari rigid body
myRigidBody.velocity = new Vector2 (5, 0);

dengan menerapkan script diatas pada suatu objek maka objek tersebut akan bergerak ke kanan dengan kecepatan 5 meter perdetik

3. Player Control dengan Velocity

Dengan memanfaatkan velocity, kita bisa mengontrol suatu game objek

csharp
public class PlayerMove : MonoBehaviour {

    private Rigidbody2D myRigidBody;
    public float speed = 10;

    void Start () {
        // mengambil component rigid body dari game object
        myRigidBody = GetComponent<Rigidbody2D> ();
    }

    void Update () {
        // mendapatkan nilai axis
        float horizontal = Input.GetAxis ("Horizontal");
        float vertical = Input.GetAxis ("Vertical");

        // mengubah velocity
        myRigidBody.velocity = new Vector2 (horizontal * speed, vertical * speed);
    }
}