Skip to content

Dasar OOP Pada C#

1. Penjelasan OOP

Object Oriented Programming (OOP) merupakan suatu paradigma atau konsep pemrograman yang berfokus pada pembuatan objek yang saling bekerjasama untuk memecahkan masalah

1.1 Penjelasan Object

Object merupakan seluruh hal yang bisa kita lihat dan deskripsikan, misalnya :

  • Laptop
  • Mobil
  • Manusia
  • Kucing
  • Anjing

1.2 Penjelasan Attribute

Attribute merupakan hal yang dimiliki oleh suatu object, misalnya, mobil memiliki :

  • Merk
  • Warna
  • Kecepatan
  • Jumlah kursi
  • Dll

1.3 Penjelasan Method

Method merupakan hal yang dapat dilakukan oleh suatu object, misalnya, mobil dapat melakukan :

  • Maju
  • Mundur
  • Menambah kecepatan
  • Mengurangi kecepatan
  • Berbelok
  • Dll

2. Penerapan OOP Pada C Sharp

2.1 Membuat Object

2.1.1 Membuat Class

Sebelum membuat object, kita perlu membuat class terlebih dahulu, class merupakan suatu template yang nantinya dapat digunakan untuk membuat banyak object

csharp
// Hero.cs

using System;

namespace AdventureGame
{
  class Hero
  {

  }
}

2.1.2 Membuat Object

Untuk membuat object, kita dapat membuat variable baru menggunakan class Hero yang tadi sudah kita buat

csharp
// Program.cs

using System;

namespace AdventureGame
{
  class Program
  {
    static void Main(string[] args)
    {
      // Membuat objek Hero baru bernama hero1
      Hero hero1 = new Hero();
    }
  }
}

2.2 Membuat Attribute

2.2.1 Menambahkan Attribute

Untuk membuat attribute pada suatu objek, kita perlu menambahkan variable baru pada class Hero

csharp
// Hero.cs

using System;

namespace AdventureGame
{
  class Hero
  {
    // menambahkan attribute name
    public String name;
    // menambahkan attribute health
    public int health;
  }
}

2.2.2 Mengisi Nilai Attribute

Setelah membuat attribute pada class Hero, kita dapat mengisi nilainya pada objek hero1 yang sudah kita buat

csharp
// Program.cs

using System;

namespace AdventureGame
{
  class Program
  {
    static void Main(string[] args)
    {
      Hero hero1 = new Hero();

      // mengisi nilai attribute name
      hero1.name = "star platinum";
      // mengisi nilai attribute health
      hero1.health = 100;
    }
  }
}

2.3 Membuat Method

2.3.1 Menambahkan Method

Untuk membuat method pada suatu objek, kita perlu menambahkannya pada class

csharp
// Hero.cs

using System;

namespace AdventureGame
{
  class Hero
  {
    public String name;
    public int health;

    // method untuk terkena damage
    public void GetDamage() {
      this.health -= 30;
    }

    // method untuk menampilkan informasi hero
    public void ShowInfo() {
      Console.WriteLine("name : " + this.name);
      Console.WriteLine("health : " + this.health);
    }
  }
}

2.3.2 Menggunakan Method

Setelah menambahkan method pada class Hero, kita dapat memanggilnya melalui objek hero1 yang sudah dibuat

csharp
// Program.cs

using System;

namespace AdventureGame
{
  class Program
  {
    static void Main(string[] args)
    {
      Hero hero1 = new Hero();

      hero1.name = "star platinum";
      hero1.health = 100;

      // hero terkena damage
      hero1.GetDamage();
      // menampilkan informasi hero
      hero1.ShowInfo();
    }
  }
}