Dasar OOP Pada C#
1. Penjelasan OOP
Object Oriented Programming (OOP) merupakan suatu paradigma atau konsep pemrograman yang berfokus pada pembuatan objek yang saling bekerjasama untuk memecahkan masalah
1.1 Penjelasan Object
Object merupakan seluruh hal yang bisa kita lihat dan deskripsikan, misalnya :
- Laptop
- Mobil
- Manusia
- Kucing
- Anjing
1.2 Penjelasan Attribute
Attribute merupakan hal yang dimiliki oleh suatu object, misalnya, mobil memiliki :
- Merk
- Warna
- Kecepatan
- Jumlah kursi
- Dll
1.3 Penjelasan Method
Method merupakan hal yang dapat dilakukan oleh suatu object, misalnya, mobil dapat melakukan :
- Maju
- Mundur
- Menambah kecepatan
- Mengurangi kecepatan
- Berbelok
- Dll
2. Penerapan OOP Pada C Sharp
2.1 Membuat Object
2.1.1 Membuat Class
Sebelum membuat object, kita perlu membuat class terlebih dahulu, class merupakan suatu template yang nantinya dapat digunakan untuk membuat banyak object
// Hero.cs
using System;
namespace AdventureGame
{
class Hero
{
}
}
2.1.2 Membuat Object
Untuk membuat object, kita dapat membuat variable baru menggunakan class Hero
yang tadi sudah kita buat
// Program.cs
using System;
namespace AdventureGame
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
// Membuat objek Hero baru bernama hero1
Hero hero1 = new Hero();
}
}
}
2.2 Membuat Attribute
2.2.1 Menambahkan Attribute
Untuk membuat attribute pada suatu objek, kita perlu menambahkan variable baru pada class Hero
// Hero.cs
using System;
namespace AdventureGame
{
class Hero
{
// menambahkan attribute name
public String name;
// menambahkan attribute health
public int health;
}
}
2.2.2 Mengisi Nilai Attribute
Setelah membuat attribute pada class Hero
, kita dapat mengisi nilainya pada objek hero1
yang sudah kita buat
// Program.cs
using System;
namespace AdventureGame
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Hero hero1 = new Hero();
// mengisi nilai attribute name
hero1.name = "star platinum";
// mengisi nilai attribute health
hero1.health = 100;
}
}
}
2.3 Membuat Method
2.3.1 Menambahkan Method
Untuk membuat method pada suatu objek, kita perlu menambahkannya pada class
// Hero.cs
using System;
namespace AdventureGame
{
class Hero
{
public String name;
public int health;
// method untuk terkena damage
public void GetDamage() {
this.health -= 30;
}
// method untuk menampilkan informasi hero
public void ShowInfo() {
Console.WriteLine("name : " + this.name);
Console.WriteLine("health : " + this.health);
}
}
}
2.3.2 Menggunakan Method
Setelah menambahkan method pada class Hero
, kita dapat memanggilnya melalui objek hero1
yang sudah dibuat
// Program.cs
using System;
namespace AdventureGame
{
class Program
{
static void Main(string[] args)
{
Hero hero1 = new Hero();
hero1.name = "star platinum";
hero1.health = 100;
// hero terkena damage
hero1.GetDamage();
// menampilkan informasi hero
hero1.ShowInfo();
}
}
}